Friday, November 27, 2009

Straightedge Telah Menjadi Gaya Hidup Modern

Straightedge adalah sebuah gaya hidup baru yang bisa dibilang modern seperti lagunya Golden X yang What It Means, yang meneriakkan modern life berkali-kali di akhir lagunya.haha.. Gaya hidup straight edge sebenarnya berasal dari Amerika tepatnya di Washington D.C yang dikumandangkan oleh sebuah band bernama Minor Threat. Karena pada saat itu imej negative tentang musik hardcore punk masih kental karena slogan sex, drugs, and rock n roll, dan pada saat itu mereka pun jenuh karena hal-hal tersebut membuat orang-orang disekitarnya menjadi aneh tidak beraturan dan juga membuat scen hardcore punk hancur. Maka mereka menciptakan lagu berjudul Straight Edge yang berisi komitmen positif untuk tidak merokok, menggunakan obat-obattan terlarang, tidak minum minuman beralkohol, dan tidak melakukan seks bebas. Dari lagu tersebutlah paham Straight Edge berasal dan mulai melebar luas ke seluruh dunia. Di Indonesia pun sudah banyak yang menganut paham ini. Dalam perkembangannya, Straight Edge sering juga digabungkan dengan vegetarian maupun vegan, karena beberapa orang juga menganggap bahwa hewan tidak patut untuk dimakan karena mereka memiliki perasaan dan menyelamatkan hewan juga sama dengan tindakan positif. Tetapi Straight Edge tidak juga harus vegetarian, karena Straight Edge dan vegetarian merupakan dua komponen yang berbeda. Karena kunci dari Straight Edge adalah komitmen untuk tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, tidak menggunakan obat-obatan terlarang, tidak melakukan seks bebas dan selalu berpikir positif seperti dalam lirik lagu Straight Edge dari Minor Threat. Straightedge untuk saat ini masih menjadi suatu paham yang awam dalam pikiran-pikiran orang apalagi pikiran orang Indonesia yang masih tinggi angka pemakaian rokok, alkohol dan narkoba. Dimana masih saja perusahaan rokok di Indonesia menjadi suatu aset negara terbesar dan rokok menjadi salah satu kebutuhan pokok warga Indonesia. Karena dari survey teman-teman saya yang ingin menjadi seorang Straightedge tetapi masih belum mampu mengalahkan keinginan untuk merokoknya. Dan saya salut kepada yang sudah mencoba dan berhasil menjadi seorang Straightedge untuk perubahan hidupnya.
Dari tahun ke tahun gaya hidup modern yang negatif masih mendominasi kehidupan remaja dan anak-anak muda dan masih tertanam pemikiran jika merokok terlihat macho, minum alkohol terlihat jantan, dan lain sebagainya. Pemikiran tersebut tertanam ketika masih muda dan masih mencari jati diri. Tetapi jika kita bisa berpikir dewasa lagi, mungkin kita akan bisa berani menolak semua hal itu dan kita bisa memilih hal yang baik untuk tubuh kita sekarang dan kedepannya. Pikir ulang semua yang akan diterima oleh tubuhmu dan pilih yang terbaik dan tidak merusak tubuhmu. Karena tubuhmu yang akan engkau pakai hingga akhir hidupmu di dunia. Karena saat ini telah ada gaya hidup yang lebih positif dan lebih baik untuk kehidupan sekarang yang cenderung memburuk. Choose the better lifestyle for your lifetime.

-vino-

4 comments:

  1. blog walking...hehehe

    maen2 jg ke "rumah"-ku yang baru dan yang lama ya...

    www.xwisnuajix.wordpress.com
    www.my-blackheart.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. yeah , ketika berhenti ngerokok dan sadar bahwa gw udah ngga wannabe straight edge , tapi udah jadi sXe sebenernya , itu adalah moment paling menyenangkan dan membanggakan

    ReplyDelete
  3. @ wisnuaji : sipp..tulisan2 anda menginspirasi saya..haha..
    @ ghazi : yeah..being sxe and i feel more healthy..hahaha

    ReplyDelete
  4. sXe is an old style life, not for modernism. anyway, nice blog! mengingatkan saya ketika muda dulu, teriak-teriakkan sxe and finally, it's about commitment into your life.

    check it guys,
    http://blognoblock.blogspot.com/

    ReplyDelete